6 Fakta Menarik Tentang China

6 Fakta Menarik Tentang China

ceritakisahdunia.web.id – Setiap negara memiliki aturan, budaya dan kebiasaan masing-masing negara yang berbeda-beda. Tapi lain halnya fakta di China, yang bisa buat kamu heran.

1. Facebook dilarang
China melarang warganya main Facebook! Apa pun yang berbau Amerika kayak Facebook, Google, dan YouTube, gak bakalan bisa diakses di China. Sebagai gantinya, orang China bisa mainan Weibo buat ber-sosmed dan searching hal-hal yang pengen mereka tahu di Baidu. Tentunya di bawah pengawasan ketat pemerintah!

2. Warganya jarang (atau gak pernah) makan keju
Penduduk China punya alasan tersendiri kenapa mereka jarang atau gak pernah makan keju. Mereka anggep makanan satu ini barbar dan berkaitan sama orang yang hidup di pinggiran luar China. Orang-orang pinggiran itu dianggap gak beradab sama pemerintah, dan anggapan ini mempengaruhi penduduknya untuk menghindari makanan yang disukai orang “barbar”.

Baca juga : Festival Yulin, Tradisi Makan Anjing dan Kucing

3. Tiap hari ada sekitar 200 demonstrasi
Demo di Jakarta udah sering banget, tapi itu semuanya gak ada apa-apanya dibandingin demo di China. Tiap hari adaaa aja yang protes, dan jumlahnya ratusan! Apa alasannya?

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, wajar aja kesejahteraan dan pemenuhan hak sering jadi masalah. Makanya, tiap hari selalu ada orang yang berjuang buat dapetin haknya dengan cara demonstrasi. Keras juga, ya.

4. Jorok
Kamu pasti udah sering denger tentang kelakuan turis China yang buang air di kabin pesawat, ngeludah sembarangan, dan lainnya. Gak cuma di negara orang, mereka juga super jorok di negaranya sendiri!

Gak usah banyak-banyak nyebutin contohnya, deh, cukup satu aja. Tiap abis masuk WC buat pipis atau buang air besar, mereka GAK NYIRAM hasil buangannya. Biarlah itu jadi “tugas” orang yang pakai WC setelahnya. Kalau orang setelahnya gak nyiram juga, tugas itu dioper lagi ke orang berikutnya.

5. Cuma punya satu zona waktu
Meskipun luasnya melebihi negara mana pun, China cuma memberlakukan satu zona waktu, yaitu zona waktu Beijing. Penyeragaman zona waktu ini bikin banyak hal jadi gak masuk akal. Warga Beijing memang gak terpengaruh, tapi warga di belahan China yang lain dibuat pusing. Di Xianjiang, matahari gak terbit sampai jam 10 pagi saat musim dingin dan baru terbenam setelah tengah malem pas musim panas. Yaaah, kalau di Rusia atau Norwegia mungkin wajar, ya, tapi China kan di Asia!

6. Tiap jam 7 malem semua orang nonton acara TV yang sama
Ini mirip-mirip kondisi jaman Orde Baru dulu. Ya, gak, sih? Dulu, tiap jam 7 malem, setiap channel TV Indonesia nayangin Dunia Dalam Berita. Nah, di China, mau ganti ke channel mana pun, kamu bakal menyaksikan program berita berdurasi 30 menit yang ditayangin sama televisi China Central.

Festival Yulin, Tradisi Makan Anjing dan Kucing

Festival Yulin, Tradisi Makan Anjing dan Kucing

ceritakisahdunia.web.id – Yulin adalah sebuah kota di China yang mengadakan Festival makan Anjing dan Kucing setiap tahunnya. Meski mengalami banyak kecaman, tapi bagi masyarakat lokal itu adalah sebuah tradisi dan tetap melakukannya.

Festival tersebut dirayakan secara tahunan di Yulin, Guangxi, China, saat titik balik musim panas pada bulan Juni, memakan daging anjing dan kucing. Kegiatan ini dipercaya dapat menghalau hawa panas saat musim panas. Sekitar 10,000 sampai 15,000 anjing dimakan selama sepuluh hari perayaan tersebut.

Menurut leluhur China, tradisi makan daging anjing dan kucing ini dinilai bagus untuk kesehatan dan membawa keberuntungan. Pada tahun ini, Festivel Yulin digelar pada tanggal 22 Juni, tepat pada musim panas. Lebih dari 10.000 anjing dan kucing akan dibakar dan dijual bebas di seluruh wilayah China.

Baca juga : 5 Kasus Teleportasi yang Menakjubkan

Memang, daging anjing dan kucing secara umum bebas disantap oleh warga China, namun semua itu boleh dikonsumsi asalkan dari peternakan bersertifikat. Tapi, dalam Festival Yulin ini, tidak diketahui dari mana anjing-anjing tersebut berasal, bisa jadi para pedagang mencuri anjing yang terlepas milik orang lain.

Dari pantauan Assosiated Press, tiap tahun ada sebuah truk berisi sekitar seribu anjing di dalam satu kandang kecil. Mereka yang nantinya akan dikuliti dan dimasak oleh para pedagang.

Anjing-anjing tersebut berasal dari berbagai ras. Si sopit truk bercerita, anjing itu diambil dari Sichuan, 800 mil jauhnya dari Yulin.

Perayaan makan anjing besar-besaran ini rupanya baru berjalan sekitar 25 tahun, tepatnya pada 1990. Cara mereka membunuh anjing-anjing ini juga amat sadis. Beragam cara mereka membunuh anjing untuk perayaan ini, namun semuanya dilakukan secara sadis. Ada yang lehernya dijepit dan kemudian si anjing digantung hingga mati, ada juga yang langsung direbus hidup-hidup.

Tentu saja perayaan ini membuat para pecinta hewan marah. Banyak dari mereka yang mengecam dan mengancam akan menuntut jika perayaan ini masih terus dilakukan. Dari sosial media, banyak sekali kecaman yang datang untuk menghentikan perayaan sadis ini. Namun, kecaman itu tak hanya berasal dari luar China, bahkan dari dalam China pun warganya ada yang tidak setuju dengan perayaan di daerah Yulin ini.

“Saya datang ke Yulin untuk melakukan kampanye melawan perayaan tersebut. Saya rasa perayaan itu bisa jadi besar seperti ini lantaran dijadikan lahan bisnis para pedagang,” ujar Xing Hai, seperti dilansir dari Daily Mail.

Seorang wanita, bernama Yang Xiaoyun rela menempuh perjalanan 1.652 mil untuk menyelamatkan para anjing tersebut. Yang memang seorang pecinta anjing. Ibu ini bahkan menawarkan tempat tinggal bagi para anjing-anjing yang terlantar. Yang yang berusia 65 tahun itu setiap tahun menyelamatkan sekitar 360 anjing di Yulin sebelum perayaan tersebut berlangsung.

Menurut Yang, anjing juga makhluk hidup yang pantas menjalani kehidupan bebas. Yang merupakan seorang pensiunan guru yang mendapat pesangon sebesar Rp 106 juta. Uang itu yang kemudian digunakannya untuk menghidupi ribuan anjing yang ditampungnya di Tinajin, daerah asalnya.

Menurut para pecinta hewan, seharusnya pemerintah China membuat peraturan mengenai perayaan ini. Pasalnya, hewan-hewan di China tidak dilindungi dalam undang-undang.

5 Kasus Teleportasi yang Menakjubkan

5 Kasus Teleportasi yang Menakjubkan

ceritakisahdunia.web.id – Teleportasi adalah kasus orang yang dapat pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam sekejap. Istilah yang dipopulerkan oleh Charles Fort. Teleportasi juga sangat populer di film fiksi ilmiah seperti Star Trek.

H.F.North
Tahun 1953, seorang guru di Wellington, Selandia Baru, bernama H.F. North datang ke kantor polisi di London dan bersikeras kalau dia ingin pulang. Dia tidak tahu apa yang sedang ia lakukan di London.

Menurut pengakuannya, North meninggalkan rumahnya suatu pagi untuk pergi ke sekolah tempat ia mengajar. Sesaat kemudian, ia sudah berjalan di jalanan London, Inggris. Psikiater di London menduga kalau North terkena amnesia, namun ternyata dugaan mereka salah. North memang muncul begitu saja di London.

Baca juga : Apa itu Deja Vu

Thomas R. Kessell
Thomas bekerja di tempat pembuatan bir di kota Johannesburg, Afrika Selatan. Di tahun 1956, dia berjalan keluar dari sebuah kedai minuman di Johannesburg, lama kelamaan dia tersadar kalau dia sedang berjalan di daerah yang tak dikenalnya, yaitu New York. Tak ada sedikitpun yang teringat bagaimana dia bisa berada di New York. Lagipula bagaimana bisa Thomas memasuki Amerika tanpa passport? Dia juga tidak mungkin dapat menumpang pesawat terbang ataupun kapal tanpanya.

Pria Muda Italia
Tahun 1999, seorang pria muda berkebangsaan Italia dibawa oleh polisi ke rumah sakit jiwa di New York. Pria ini ditemukan di stasiun kereta bawah tanah dan “meng-intimidasi” para penumpang dengan berbicara dalam bahasa asing. Setelah investigasi lebih lanjut, ternyata pria ini sehat dan tidak gila, namun sangat ketakutan. Dia mengatakan kalau beberapa menit sebelumnya, dia sedang melihat refleksi wajahnya di Sungai Tiber, lalu tiba-tiba ada sinar terang yang muncul dan setelah itu dia berada di stasiun kereta bawah tanah New York.

Alfredo Pansini
Setelah keluarga Pansini pindah rumah ke Ruvo, Italia di tahun 1901, mereka mulai melihat fenomena yang tak pernah mereka lihat sebelumnya. Seperti misalnya saat anaknya yang berumur 7 tahun, Alfredo Pansini tak sadarkan diri dan berkata-kata dalam bahasa asing. Alfredo juga dilaporkan sering menghilang secara tiba-tiba dan muncul di tempat atau kota-kota terdekat dengan muka linglung. Fenomena ini berlangsung selama tiga tahun sampai tahun 1904. Adik Alfredo bernama Paolo juga pernah menghilang dan ditemukan di atas kapal nelayan yang sedang berada di laut bebas.

Gil Perez
Gil Perez adalah seorang prajurit abad ke-16 yang ditugaskan untuk menjaga sebuah istana di Manila, Filipina dimana sehari sebelumnya pemimpin Filipina dibunuh oleh perompak Cina. Karena lelah, Perez bersandar di sebuah tembok untuk beristirahat sebentar. Ketika dia membuka matanya, dia sudah berada di sebuah tempat yang ia tidak pernah lihat sebelumnya. Bingung harus berbuat apa, dia terus berdiri menjalankan tugasnya sampai ditegur oleh seseorang. Ternyata Gil Perez berada di Meksiko.

Saat interogasi berlangsung, Gil Perez bercerita tentang dirinya dan tentang pembunuhan pemimpin Filipina. Ingat, saat itu tidak ada telepon ataupun internet sehingga tidak ada cara bagi pemerintah Meksiko untuk mengetahui kasus pembunuhan ini. Gil Perez pun lalu dipenjara. Dua bulan kemudian, kapal dari Filipina berlabuh di Meksiko dan memberitakan tentang pembunuhan ini. Mereka juga berkata bahwa mereka mengenal Gil Perez dan terakhir melihatnya yaitu ketika Gil Perez sedang bertugas di istana Manila.

Apa itu Deja Vu

Apa itu Deja Vu

ceritakisahdunia.web.id – Istilah deja vu ini diciptakan pada tahun 1876 oleh filsuf Perancis Emile Boirac untuk menggambarkan perasaan kuat bahwa anda telah mengalami sesuatu sebelumnya. Namun ada beberapa fenomena lain yang masih berkaitan, namun belum begitu dikenal.

Untuk pertama kalinya sejumlah ilmuwan meyakini adanya kaitan antara perasaan deja vu terus-menerus dengan kegelisahan.

Baca juga : 3 Kasus Reinkarnasi yang Nyata

Kasus ini dialami oleh seorang warga negara Inggris berusia 23 tahun. Namun apakah itu deja vu – dan apakah kita tahu penyebabnya?

Sebagian besar orang mengerti bahwa ini adalah sensasi sekilas bahwa anda pernah melewati suatu tempat atau melakukan sesuatu, padahal anda tidak mungkin pernah disana atau melakukan hal tersebut.

Kata deja vu sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya “pernah merasa atau melihat”. Contoh paling gamblang akan perasaan ini diangkat dalam film ‘Groundhog Day’ yang dibintangi Bill Murray.

Menurut riset, sekitar dua pertiga orang pernah mengalami déjà vu setidaknya sekali seumur hidup, namun sedikit sekali yang mengetahui penyebabnya.

Sekelompok peneliti dari Inggris, Perancis dan Kanada yang mempelajari kasus seorang pria dengan deja vu kronis berpikir bahwa kegelisahan mungkin menjadi penyebab fenomena tersebut.

Kondisi pria tersebut sungguh parah sehingga ia menghindar dari menonton televisi, mendengarkan radio dan membaca koran karena ia merasa sudah pernah “mengalami itu semua”

Berikut tiga jenis deja vu yang sudah diidentifikasi oleh para ahli.

  1. Jamais vu – diartikan sebagai “tidak pernah melihat”, untuk menjelaskan sesuatu yang seharusnya akrab dan biasa menjadi aneh dan asing, misalnya sebuah kata yang biasa digunakan namun tiba-tiba terdengar ganjil.
  2. Presque vu – artinya “hampir melihat”, adalah suatu perasaan yang sedang berada di tepi sebuah pencerahan, misalnya mencoba mengingat sesuatu.
  3. Déjà entendu – artinya “sudah pernah mendengar”, ini adalah keyakinan anda yang telah mendengar sesuatu sebelumnya, seperti sebuah percakapan atau lirik musik.
3 Kasus Reinkarnasi yang Nyata

3 Kasus Reinkarnasi yang Nyata

ceritakisahdunia.web.id – Reinkarnasi adalah Konsep dimana orang yang telah mati dilahirkan kembali ke dalam tubuh yang berbeda dan di zaman yang berbeda pula memang sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Tapi kasus seperti ini memang susah dibuktikan dan hampir mustahil dapat dipastikan kebenarannya.

Baca juga : 3 Proses untuk Membentuk Suatu Negara

James Leininger

James Leininger

James Leininger, bocah berusia 8 tahun dari Lousiana sudah tertarik tentang dunia penerbangan sejak usianya baru 2 tahun. Herannya meski orang tuanya sama sekali buta tentang subjek tersebut, James mempunyai pengetahuan yang luas tentang pesawat. Sampai akhirnya James mulai bermimpi bahwa pesawatnya ditembak jatuh oleh pesawat tempur lain yang mempunyai lambang matahari merah, yakni pesawat milik Jepang.

Tak hanya sampai situ, James mulai dapat mengingat masa lalunya yang merupakan seorang Letnan bernama James McCready Huston, pilot pesawat tempur yang terbunuh di Iwo Jima dalam Perang Dunia II, kira-kira 50 tahun sebelumnya. James sedang menerbangkan pesawat bernama ‘Corsair’ dari sebuah kapal induk yang dinamakan ‘Natoma’ saat itu.

Ketika ayah dari James memutuskan untuk meneliti, dia menemukan bahwa ternyata baik kapal bernama ‘Natoma’ dan pilot bernama James Huston memang ada dalam pertempuran Iwo Jima. Pesawat tersebut ditembak oleh Jepang pada tanggal 3 Maret 1945. Menurut psikologis Jim Tucker, jatuhnya pesawat itu persis sama dengan apa yang telah dideskripsikan oleh James.

Edward Austrian

Edward Austrian

Bocah berumur 4 tahun bernama Edward mempunyai masalah dengan tenggorokannya, dia komplain kalau tenggorokannya selalu sakit. Lalu Edward bercerita kepada ibunya tentang ‘masa lalu’-nya dalam sebuah parit yang tampaknya dalam keadaan Perang Dunia I. Dia lalu berkata bahwa dia ditembak tepat di tenggorokannya dan langsung meninggal.

Pertamanya, para dokter tidak bisa memastikan apa penyebab sakit tenggorokannya, lalu mereka membuang amandelnya. Kista mulai muncul di tenggorokan Edward, namun dokter pun juga tidak tahu bagaimana menyembuhkannya. Anehnya, kista tersebut tiba-tiba hilang sendiri saat Edward bercerita lebih lanjut tentang kehidupannya di masa lalu. Dokter yang menangani Edward pun tidak pernah tahu bagaimana caranya kista tersebut dapat hilang.

Bocah Korban Pembunuhan

kasus pembunuhan

Seorang bocah berumur 3 tahun dari Golan Heights sempat membuat heboh setelah dia mengklaim kalau dia adalah korban pembunuhan. Dia melanjutkan bahwa dia meninggal setelah dihantam oleh sebuah kapak di kehidupan sebelumnya. Bocah tersebut lalu diajak berkeliling menyusuri beberapa pedesaan, saat dia melihat desa yang dia kenal, bocah itu langsung berjalan mendekat ke seorang pemuda dan berkata “Saya dulu adalah tetanggamu, kita bertengkar dan kamu membunuhku dengan sebuah kapak.”

Selanjutnya, sang bocah menuntun para penduduk ke sebuah tumpukan batu, dimana mereka lalu menemukan tubuh dengan luka kapak di kepalanya. Sang pembunuh langsung mengakui kejahatannya.

3 Proses untuk Membentuk Suatu Negara

3 Proses untuk Membentuk Suatu Negara

ceritakisahdunia.web.id – Negara adalah suatu organisasi yang tertinggi diantara kelompok masyarakat yang hidup di suatu daerah yang memiliki pemerintahan yang berdaulat dan bercita-cita untuk bersatu.

Syarat berdirinya Negara

Suatu negara dinyatakan sah berdiri sebagai suatu negara yang berdaulat, jika memenuhi minimal 4 syarat, yaitu:

  1. Memiliki Rakyat
  2. Memiliki Wilayah
  3. Memiliki Pemerintah
  4. Pengakuan dari Negara Lain

3 Proses Terbentuknya Suatu Negara

Baca juga :Negara Dengan jam Sekolah Tersingkat

Asal mula terbentuknya suatu negara dapat dibedakan dalam 3 proses yaitu proses secara primer, secara sekunder dan secara teoritis. Berikut penjelasannya:

1. Secara Primer
Terjadinya negara secara primer, yaitu asal mula terjadinya negara diawali dengan adanya keluarga yang memiliki kebutuhan masing masing yang kemudian berevolusi ke tingkat yang lebih kompleks. Secara Primer terjadi sebuah negara melalui beberapa tahapan dan tidak ada hubungan dengan negara yang telah ada sebelumnya. adapun tahap-tahap pertumbuhannya adalah sebagai berikut:

A. Persekutuan Masyarakat / Suku (genoot schaft)

C. Negara (State)

D. Negara Demokrasi

2. Secara Sekunder
Asal mula terjadinya Negara secara sekunder lebih pada pendekatan fakta atau kenyataan. Terjadinya Negara/lahirnya Negara ada hubungan dengan Negara yang telah ada sebelumnya. Terdapat beberapa macam dari asal mula terjadinya Negara secara sekunder, yaitu sebagai berikut:

A. Proklamasi
B. Separatis (pemisahan)
C. Anexatie (penguasaan / pencaplokan)
D. Innovation (pembentukan baru)
E. Acessie (penarikan)
F. Cessie (penyerahan)
G. Fusi (peleburan)
H. Occupatie (pendudukan)
I. Pendudukan Atas Wilayah yang Belum Ada Pemerintahan Sebelumnya

3. Secara Teoritis

  • Teori kontrak sosial
    Teori kontrak sosial beranggapan bahwa negara dibentuk berdasarkan perjanjian perjanjian masyarakat. Teori ini adalah salah satu teori terpenting mengenai asal usul negara. Teori asal usul mulai negara yang berdasarkan atas kontrak sosial ini dapat dilihat melalui pemikiran Thomas Hobbes, John Locke, dan JJ Rousseau
  • Teori Ketuhanan
    Sesuai dengan namanya, teori ini dipengaruhi oleh paham keagamaan. Dan karena itulah, teori Ketuhanan tentang terbentuknya suatu negara didasari anggapan bahwa negara terbentuk atas dasar keinginan Tuhan. Hal ini berdasarkan atas asas kepercayaan bahwa segala sesuatu berawal dari Tuhan dan berjalan sesuai kehendak Nya. Menurut teori ini, Tuhanlah yang menciptakan negara sehingga negara dianggap penjelmaan kekuasaan Tuhan. Akibatnya timbullah paham bahwa Raja atau Penguasa adalah pilihan Tuhan untuk memerintah sehingga Raja memiliki kekuasaan mutlak pada suatu negara atau kerajaan. Contohnya Inggris Raya pada zaman kerajaan. Penganut teori ini adalah Agustinus, Yulius Stahi, Haller, Kranenburg dan Thomas Aquinas.
  • Teori kedaulatan hukum
    Istilah “daulat” berasal dari bahasa arab “daulah” yang berarti kekuasan tertinggi. Dengan demikian kedaulatan dapat didefinisikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Teori kedaulatan hukum (Rechts souvereiniteit) menyatakan semua kekuasaan dalam negara berdasar atas hukum. Pelopor teori ini adalah H. Krabbe dalam buku Die Moderne Staats Idee.
Manusia Manusia Sakti Di Dunia Nyata,Ada Yang Dari Indonesia Loh!

Manusia Manusia Sakti Di Dunia Nyata,Ada Yang Dari Indonesia Loh!

ceritakisahdunia.web.id – Dunia ini banyak macam sifat,kelakuan,kelebihan ataupun kekurangan seorang manusia,namun tidak dipungkiri bahwa di dunia nyata ini ada beberapa orang yang memiliki bakat atau kekuatan khusus melebihi manusia lainnya.Orang-orang yang skeptis mungkin punya cukup alasan untuk membantah keberadaan kekuatan paranormal.Apalagi, menurut definisi, hal-hal berbau supranatural tak bisa dijelaskan dengan hukum-hukum alam. Akan tetapi, cukup sering kita mendengar tentang kemampuan supernatural yang bertolak belakang dengan metode ilmiah.

Misalnya inedia, yaitu kemampuan untuk hidup tanpa makanan yang lazim ada di India,terutama di kalangan penganut sekte-sekte Jain dan Vaishna.Seorang yogi bernama Devraha Baba disebut-sebut hidup selama 700 tahun tanpa makanan padat dan baru meninggal pada 1990.Yang lebih dekat ke masa sekarang adalah Pahlad Jani dari Gujarat yang hidup tanpa makan atau air selama 70 tahun. Ia menjadi bagian penelitian Sterling Hospital di Ahmedabad pada 2003 (selama 10 hari) dan 2010 (selama 15 hari).

Penelitian 2010 mendapat dana dari Organisasi Penelitian Pengembangan Pertahanan India, sehingga hasilnya pun menarik perhatian dunia.Atau mungkin kita ingat Stargate Project oleh CIA, Peneliti Targ dan Edwin May pun tetap yakin bahwa persepsi luar indra adalah hal nyata.

Misalnya, pengujian terhadap tabib wanita Rusia bernama Djuna Davitashvili yang berhasil meramalkan keberadaan seseorang di San Francisco dalam dua jam ke muka walaupun ia sendiri berada di Moskow.

CIA belakangan menolak temuan-temuan Stargate Project dan menganggapnya tidak berguna atau bahkan palsu. Akan tetapi, kesuksesan Davitashvili diulangi di tempat lain.berikut adalah beberapa kisah supernatural yang mengundang penasaran:

Tadashi Kanzawa

tandashi kazawa

Tadashi Kanzawa dikenal bisa menenangkan hewan dari kejauhan yang diakuinya dilakukan dengan memancarkan chi, yang dalam ilmu bela diri dikenal sebagai tenaga dalam.Hal itu dilakukan terhadap berbagai spesies, mulai dari gajah, kanguru, berang-berang, tikus loncat, kerumunan domba, dan bahkan seekor harimau Bengal.

Suatu kali, di hadapan beberapa pakar, Kanzawa menyebabkan sekelompok kecil bison berbaring. Padahal, bison jarang berbaring ketika ada manusia di dekatnya.Ia juga pernah mendorong jatuh alpaca (llama) dalam satu kandang, termasuk seekor betina dominan (alpha female) di siang hari. Menurut pemilik hewan-hewan, hal itu sangat jarang terjadi.

Setahun kemudian, melalui blog, pemilik hewan-hewan menambahkan bahwa Kanzawa juga menggunakan chi untuk menyembuhkan hewan sakit yang tidak bergerak, makan, atau menanggapi penyembuhan biasa.Walau beberapa hal yang dilakukannya seakan tipuan, Kanzawa seakan dipandang sebagai pakar di Jepang dan ada beberapa buku yang ditulisnya.

Menurutnya, kemampuan itu datang mendadak ketika ia sedang tidur dan merasa ada kejutan-kejutan kuat yang mengguncang seluruh tubuhnya.

 

Gomchen Asal Lachen

Gomchen Asal Lachen

Gomchen berarti “pertapa agung”. Seorang gomchen dari Lachen ini tinggal di sebuah gua pegunungan Himalaya pada ketinggian 3.700 meter di atas permukaan laut, dekat perbatasan dengan Tibet.Ia jarang bertemu orang lain, tapi kisahnya yang mampu terbang dan mengusir setan telah menarik perhatian pihak luar, termasuk seorang penjelajah wanita Prancis bernama Alexandra David-Néel.

David-Néel melakukan perjalanan berbahaya untuk menemui sang pertapa secara langsung, terutama untuk mempelajari mistisisme dan praktik perdukunan kuno Tibet.Ia setuju belajar selama tiga tahun bersama sang gomchen, termasuk mempelajari tumo yang berarti “seni menghangatkan diri tanpa api di salju”.

Ia menuliskan bahwa kemampuan melakukan tumo diukur berdasarkan jumlah lembaran kain basah yang bisa dikeringkan ketika menempel di kulit murid baru yang bergadang di luar ruang.Yang menarik, beberapa penelitian terhadap para rahib Indo-Tibet pada 1989, 2002, dan 2013 telah menegaskan adanya kemampuan tersebut.

 

Maharishi Mahesh Yogi & Tirumalai Krishnamacharya

Maharishi Mahesh Yogi

Maharishi Mahesh Yogi paling dikenal melalui gerakan Transcendental Meditation (TM). Ia juga mengaku mengajar “yoga terbang” sebagai bagian dari program TM-Sidhi tiga tingkat.

Para murid yang paling mahir disebut-sebut bisa melayang sesukanya dan kembali ke permukaan. Akan tetapi, semua muridnya ternyata hanya belajar melompat-lompat dalam posisi bersila bak bunga teratai.

Yang lebih menarik adalah “Dampak Maharishi” ketika pertama kalinya diamati pada 1976. Dalam fenomena ini, terjadi penurunan angka kejahatan suatu daerah yang lebih dari 1 persen warganya ikut dalam TM.Salah satu penelitian, misalnya yang dilakukan di Washington DC pada 1993, mengungkapkan korelasi kuat antara praktik TM oleh 4000 warga dan 23,3 persen penurunan angka kejahatan di kota. Korelasi seperti itu hanya ada dua di antara 1 miliar kejadian.

Sementara itu, Tirumalai Krishnamacharya yang dijuluki “bapak yoga modern” karena memisahkan unsur agama dari yoga, pada 1930-an pernah memeragakan menghentikan jantungnya selama 1 menit di hadapan para tamu raja Mysore. Beberapa dokter hadir untuk melakukan pemantauan.

Orang yang tak percaya menuduh ia mengempit lemon pada ketiaknya agar menekan nadi sehingga menghentikan jantung. Akan tetapi, para dokter yang memantau berada di sampingnya sambil memasang stetoskop.Sepanjang usia yang mencapai 101, ia telah menunjukkan kemampuan-kemampuan gaib termasuk menghentikan laju mobil dengan menggunakan tangan dan mengangkat beban dengan gigi-gigi.

Demikian juga dengan Yogi Satyamurti yang menghentikan detak jantungnya selama enam hari sambil dipantau menggunakan ECG saat warga Udaipur itu telah berusia 60 tahun.

Baca juga:

 

 

Joseph dari Cupertino

Joseph dari Cupertino

Joseph dari Cupertino adalah seorang biarawan mistis pada Abad ke-17 dan dikenal juga sebagai “Biarawan Terbang”. Ia sering terlihat melayang antar gereja dan mengambang di atas pohon.Fenomena itu menarik banyak orang dan diduga menjadi tanggapan tak sengaja terhadap pengangkatan religius yang biasanya diawali dengan isakan atau jeritan.

Dalam suatu kejadian, ketika seorang ahli bedah sedang membakar luka pada pahanya, Joseph disebut-sebut sangat kesurupan dan mengambang beberapa sentimeter dari kursinya. Dikisahkan juga adanya seekor lalat yang mendarat pada bola matanya.

Di permukaan, sepertinya tidak banyak alasan untuk percaya kisah ini karena keadaan mengambang (levitation) merupakan tipuan lazim dan disukai para pelaku pertunjukan jalanan di seluruh dunia.

Akan tetapi, ada beberapa perincian yang membedakan kasus ini. Kemampuan Joseph dikuatkan oleh 150 kardinal, dokter, dan para prajurit dalam rentang waktu 35 tahun dan semuanya membenarkan bahwa lilin tidak berkedip ketika ia melintas.

Apalagi ada motivasi gereja untuk mencegah mujizat palsu sehingga pihak gereja berusaha keras membantah kisah Joseph agar tidak dipermalukan seandainya terbukti palsu.Tidak ada yang bisa memastikan apakah Joseph memang terbang, tapi bukti yang ada telah cukup bagi Paus Benediktus XIV yang dikenal ketat dan teliti memeriksa mukjizat-mukjizat.

 

John Chang Dari Surabaya,Indonesia

john chang asal surabaya

Seorang mistis dari Indonesia bernama John Chang, yang dikenal juga sebagai Dynamo Jack atau Majusi Jawa, amat dikenal di kalangan praktisi neigong.

Ia ditemukan pada 1980-an oleh seorang awak film di Surabaya dan mengaku menggunakan chi sebagai sarana untuk menyembuhkan orang. Chi itu dialirkan melalui dua tangannya ke dalam tubuh pasien dalam bentuk kejutan listrik.Dengan kemampuan chi menurut yin dan yang, ia juga diduga mampu mendorong atau menarik dari kejauhan, menghentikan tembakan peluru senapan angin dengan tangan, dan bahkan membakar sesuatu dengan tangan kosong.

Beberapa tahun setelah pertemuan pertama, awak film yang dimaksud kembali mengunjungi Chang bersama dengan sekelompok dokter yang skeptis.Setelah demonstrasi kejut-kejut dari chi, mereka memeriksa seluruh tubuhnya dengan alat deteksi logam untuk mencari perangkat tersembunyi dan tidak berhasil menemukan apapun.

Chang menjelaskan sesudahnya, yaitu bahwa chi tidak terbaca karena keberadaanya bukanlah dalam bentuk listrik. Yang jelas, tim peneliti gagal menemukan bukti pemalsuan apapun.Konon kabarnya, John Chang kaget dengan ketenarannya di Barat. Kemudian, ia menghilang begitu saja dan tak ada kabarnya.

 

 

Kisah Nyata Dari Negeri Ginseng,Manusia Dikubur Hidup Hidup

Kisah Nyata Dari Negeri Ginseng,Manusia Dikubur Hidup Hidup

ceritakisahdunia.web.id – Cerita manusia yang dikubur hidup-hidup untuk sebuah ritual baik itu pemakaman atau pembangunan suatu bangunan,bukanlah cerita dongeng atau isapan jempol belaka.Di Korea Selatan ditemukan dua kerangka dari abad kelima. Kerangka itu berada di bawah dinding-dinding Wolseong, atau Kastil Bulan, di Gyeongju, ibu kota bekas kerajaan Silla.

“Ini adalah bukti arkeologi pertama bahwa cerita rakyat tentang manusia yang dikorbankan untuk fondasi bangunan, jembatan atau dinding adalah kisah nyata,” kata Choi Moon-Jung, juru bicara Institut Penelitian Warisan Budaya Nasional Gyeongju (Gyeongju National Research Institute of Cultural Heritage/GNRICH) kepada AFP.

Penguburan korban hidup-hidup bersama raja yang meninggal untuk melayani mereka di alam baka sudah terkenal dalam budaya kuno Korea. Bagaimana korban Wolseong dibunuh masih belum jelas dan penelitian lebih lanjut sedang dilakukan, tetapi tampaknya mereka tidak dikubur hidup-hidup.

“Menilai dari fakta bahwa tidak ada tanda-tanda perlawanan ketika mereka dikubur, mereka pasti sudah dikubur ketika mereka tidak sadar,” ungkap peneliti senior Park Yoon-Jung.

“Cerita rakyat menunjukkan manusia dikorbankan untuk menenangkan para dewa dan memohon kepada mereka untuk memastikan struktur yang dibangun bertahan lama.”

Baca juga:

 

Kedua kerangka tumbal itu ditemukan saling berdampingan di bawah sudut barat dinding tanah dan batu kastil, satu menghadap ke atas, dan yang lain menghadapkan wajah dan tangannya sedikit ke arah yang pertama. Kerajaan Silla adalah satu dari tiga yang muncul di semenanjung Korea pada milenium pertama, yang akhirnya menaklukkan dua kerajaan lainnya untuk menyatukan wilayah tahun 668, sebelum kemudian berpisah kembali.

Artefak-artefak selama periode itu meliputi beberapa kekayaan budaya Korea yang paling bernilai dan situs sejarah Gyeongju merupakan salah satu tujuan wisata utama.Pemeriksaan DNA dan yang lainnya sedang dilakukan pada sisa-sisa kerangka itu untuk menentukan karakter fisik, kesehatan, diet dan atribusi genetiknya.

Temuan lainnya meliputi tablet prasasti serta patung-patung manusia dan binatang dalam ukuran kecil, termasuk satu yang mengenakan turban dan pakaian serupa dengan yang dikenakan pada masa peradaban Sogdiana di Asia Tengah.

1 2