Latest Posts

Perjuangan-Mery-Riana-Mimpi-Sejuta-Dollar

Perjuangan Mery Riana Mimpi Sejuta Dollar

ceritakisahdunia – Merry Riana, namanya sudah tidak asing di telinga, termasuk para generasi milenial. Wajahnya kerap wara wiri, baik itu sebagai motivator, bintang tamu, dan pembawa acara salah satu program di stasiun televisi swasta. Wanita cantik ini juga aktif di media sosial, terutama Instagram dengan kata-kata motivasi dan inspiratif bagi banyak orang.

Kesuksesan Merry Riana saat ini merupakan buah dari kerja keras dan semangat yang tinggi dalam menggapai mimpi-mimpinya. Nama Wanita kelahiran Jakarta, 29 Mei 1980 itu melambung saat buku biografi yang berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” karya Alberthiene Endah laris manis hingga menjadi best seller.

Buku ini menceritakan keberhasilan Merry Riana meraup 1 juta Dolar Singapura di usia 26 tahun. Hingga akhirnya, buku terlaris ini diangkat ke layar lebar dengan judul film yang sama.

Merry Riana kerap membagikan kisah hidup, perjalanan karier, perjuangan, dan pengalamannya tinggal di negara lain demi bertahan hidup untuk menginspirasi banyak orang. Buat yang penasaran dan ingin mengenal lebih jauh sosok Merry Riana ‘Wanita Sejuta Dolar,” berikut ulasannya.

Berasal dari Keluarga Sederhana

Berasal-dari-Keluarga-Sederhana

Jika banyak miliarder atau konglomerat terlahir dari keluarga kaya, lain halnya dengan Merry Riana. Wanita berdarah Tionghoa-Indonesia ini berasal dari keluarga sederhana. Lahir dari pasangan Suanto Sosrosaputro dan Lynda Sanian. Ayah Merry awalnya seorang pegawai biasa yang memutuskan berhenti bekerja dan merintis usaha. Sementara sang ibu berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Merry kecil mulai menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Don Bosco Pulomas yang terletak di sebuah pemukiman wilayah ujung Jakarta Timur dan berbatasan dengan Jakarta Utara. Kemudian melanjutkan pendidikan ke SMP Santa Ursula, Jakarta Pusat dan menamatkan jenjang pendidikan menengahnya di sekolah katolik khusus perempuan, SMA Santa Ursula, Jakarta Pusat.

Terbang ke Singapura

Terbang-ke-Singapura

Setelah lulus SMA, awalnya Merry ingin meneruskan studinya ke Universitas Trisakti, Jakarta. Wanita yang masih berusia 18 tahun saat itu sudah berniat mengambil jurusan kuliah Teknik Elektro karena mengidolakan sang ayah yang dianggapnya seperti MacGyver, yakni tokoh film yang memiliki karakter cerdik dan serba bisa.

Sayangnya, angan-angan itu tinggal kenangan. Saat tahun kelulusan SMA, ada tiga peristiwa bergejolak yang melanda negeri ini, tepatnya di tahun 1998, antara lain, krisis moneter, kerusuhan besar, dan lengsernya Presiden ke-2 Soeharto yang menandai pergantian era dari order baru ke era reformasi.

Lantaran khawatir dan demi keamanan sang anak, orangtua mengirim Merry kuliah di Singapura. Ia terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Teknik Elektro di Universitas Teknologi Nanyang (Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Menurut Merry, saat itu ia merasa berada di dalam sebuah film perang. Di mana ia diminta pergi meninggalkan Indonesia agar selamat.

Kuliah dari Uang Pinjaman

Kalau ada yang beranggapan, Merry bisa kuliah dengan tenang karena memiliki uang untuk biaya pendidikan dan hidup di Singapura, itu salah besar. Istri dari Alva Christopher Tjenderasa ini kuliah di Singapura dengan biaya pas-pasan, bahkan cenderung kurang. Maklum semuanya serba terburu-buru, sehingga tak ada persiapan saat harus hijrah ke negeri orang. Begitupun soal kemampuannya berbahasa Inggris, karena ia sempat gagal dalam tes Bahasa Inggris.

Di tengah kemelut kondisi keuangan, Merry ikut program pinjaman pelajar dari pemerintah Singapura. Kredit pendidikan ini memang banyak diterapkan di negara lain agar memperoleh pendidikan layak. Tapi namanya pinjaman atau utang, Merry harus mengembalikannya.

Total jenderal utang yang dipinjam Merry sebesar 40 ribu dolar Singapura. Sadar dengan tumpukan utang yang harus dicicil, dan agar tetap bertahan hidup di negeri Singa, Merry terpaksa bekerja paruh waktu mulai dari sebagai penyebar brosur, menjaga toko bunga, dan pekerjaan lainnya. Saat itu, uang saku Merry hanya sebesar 10 dolar Singapura per minggu sehingga kadang dirinya harus menahan rasa lapar dengan berpuasa.

Tak ingin seperti ini terus, Merry memutar otak, berpikir keras, dan menancapkan tekad untuk bebas dan merdeka secara finansial saat usianya menginjak 30 tahun. Hal ini ia niatkan ketika berumur 20 tahun.

Terjun ke Dunia Bisnis dan Sempat Rugi

Tekad saja tidak cukup, harus ada realisasi. Mimpi besar itu seperti menemukan jalan untuk mewujudkannya. Merry berpikir bila hanya menempuh karier sesuai pendidikannya dan bekerja di sebuah perusahaan teknologi, maka ia baru bisa membayar pinjaman tersebut setelah 10 tahun bekerja.

Dengan status mahasiswa, ia memberanikan diri terjun ke dunia bisnis Multi Level Marketing (MLM). Bukannya untung, malah buntung dengan kerugian sebesar 200 dolar Singapura. Sudah jatuh tertimpa tangga, ini juga yang dirasakan Merry. Ia kembali mencetak rugi yang membuatnya kehilangan fulus 10 ribu dolar Singapura saat menjajal peruntungan di investasi saham.

Meski hidup pas-pasan dan dirundung kemalangan karena bisnisnya tak untung, Ibu dari dua orang anak ini mampu menyelesaikan studinya tepat waktu menjadi seorang Insinyur Teknik Elektro.

Baca Juga :Perjalanan Hidup Rachel Vennya Dalam Berkarir

Mulai Mereguk Sukses

merry-riana

Jalan menuju kesuksesan mulai terbuka bagi Merry Riana usai lulus dari bangku kuliah. Dewi fortuna berpihak padanya. Tepatnya di tahun 2002, ia bergabung dengan sebuah perusahaan keuangan sebagai Konsultan Finansial. Profesinya juga mengharuskannya menjual berbagai macam produk keuangan, seperti asuransi dan kartu kredit.

Di awal kariernya ini, Merry merasa kesulitan melakukan komunikasi dengan klien di Singapura menggunakan Bahasa Mandarin. Namun ia tidak menyerah dan terus belajar. Berkat ketekunan dan kerja keras hingga belasan jam per hari, ia sukses meraup lebih dari 200 ribu dolar atau sekitar Rp2 miliar (kurs Rp10.000 per dolar Singapura).

Dengan penghasilan tersebut, ia mampu melunasi kredit pendidikannya senilai 40 ribu dolar Singapura. Selain itu, mendirikan perusahaan jasa keuangan bernama Merry Riana Organization (MRO) di tahun 2004. Selang 2 tahun kemudian, Merry sudah menghasilkan 1 juta dolar Singapura atau sekitar Rp10 miliar. Saat itu, usianya baru 26 tahun. Kini, pendapatannya terus melambung seiring bisnis yang semakin berkembang.

Untuk menumpahkan kisah perjuangan, pengalaman hidup, Merry menulis buku berjudul “A Gift from A Friend yang mendulang sukses karena begitu menginspirasi. Sebab ia berhasil mewujudkan mimpinya merdeka secara finansial sebelum usia 30 tahun.

Dikenal sebagai Motivator Nomor Wahid Se-Asia

Kisah penuh inspiratif dari seorang Merry Riana membuat Alberthiene Endah tertarik untuk menuangkannya menjadi sebuah buku. Berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar,” buku ini terbit pada akhir tahun 2011. Begitu dilempar ke pasaran, buku tersebut sukses menjadi best seller.

Saking suksesnya, buku ini diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama garapan Hestu Saputra di bawah MD Pictures. Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, dan Kimberly Ryder, serta Ferry Salim tersebut rilis di tahun 2014 dan berhasil membius penonton dengan cerita yang menginspirasi.

Setelah 16 tahun di Singapura, Merry Riana pulang ke Tanah Air dengan niat mulia, yakni berbagi ilmu sehingga bisa membuat hidupnya dan banyak orang lebih berarti. Saat ini, Merry Riana dikenal publik seorang motivator hebat. Motivator nomor satu di Indonesia maupun di Asia. Ia juga merupakan pengusaha, influencer, dan educator. Miliarder ini pun mendirikan sebuah pusat pengembangan diri bagi anak-anak usia 9-19 tahun bernama Merry Riana Learning Center (MRLC).

Keterbatasan Bukanlah Halangan untuk Sukses

Merry Riana merupakan salah satu tokoh yang bisa dijadikan contoh generasi milenial atau anak muda zaman now. Keterbatasan dalam hal apapun, termasuk materi bukanlah halangan untuk kamu meraih kesuksesan. Dengan tekad kuat, aksi nyata, pantang menyerah, dan selalu berpikir positif untuk maju, akan membantumu menggapai mimpi. Tak ada kata tidak mungkin bagi orang yang mau berusaha, dan terus belajar.

Perjalanan-Hidup-Rachel-Vennya-Dalam-Berkarir

Perjalanan Hidup Rachel Vennya Dalam Berkarir

ceritakisahdunia – Untuk anak medsos, pasti udah enggak asing lagi sama cewe yang bernama Rachel Vennya. Rachel Vennya ini sama terkenalnya di dunia per-medsos-an kayak Awkarin.

Bedanya si Rachel ini enggak ampe bikin video nangis-nangis heboh abis diputusin terus upload di Youtube. Ohya, beberapa minggu yang lalu si Rachel ini juga sempat putus sama pacarnya yang namanya Niko. Nah kesamaan Awkarin dan Rachel ini kalo di Instagram sama-sama sering banget nge-upload foto vulgar bersama pacarnya, lo taulah pasti vulgarnya macam apa. K

alo enggak tau, kepoin langsung aja di Instagramnya @rachelvennya. Terus karena keberanian mereka dengan pacarnya itulah kemudian mereka kemudian dijadikan #relationshipgoals oleh para remaja tanggung. Duh!

Balik lagi ke kabar Rachel yang putus sama pacarnya Niko. Jadi lo pasti udah pada tau lah ya alesannya putus kenapa, yaitu karena si Niko selingkuh sama cewe lain, enggak hanya selingkuh bahkan sampe ngehamilin cewe itu (ini engga tau sih jadinya bener apa engga).

Padahal nih ya, kalo lo kepoin Intagramnya Rachel dan Niko, mereka ini udah sering liburan bareng hampir keliling dunia berdua dan juga nyeseknya Rachel itu udah sempet dilamar Niko dengan cara yang super duper romantis. Coba bayangkan gimana nyeseknya jadi Rachel!

Mendengar kabar putusnya Rachel dan Niko karena Niko selingkuh ini, bikin banyak netizen, khususnya fans Rachel sedih, kecewa sampai marah banget. Maklum aja, banyak netizen, khususnya fans cewek Rachel yang menjadikan kisah cinta keduanya yang terlihat super romantis di socmed sebagai #relationshipgoals.

Apalagi video ketika Niko melamar Rachel yang super romantis sempat ramai banget dan jadi cita-cita banyak cewek. Banyak fans dan netizen yang mendukung Rachel dan bilang dia untuk kuat juga jangan memberi Niko kesempatan kedua, karena Rachel layak mendapatkan yang lebih baik, alias enggak layak diselingkuhin.

Intronya panjang bener ya, padahal sebenarnya Viki tujuannya emang enggak mau bahas tentang hubungannya Niko sama Rachel eh yang ujung-ujungnya malah jadi balikan lagi ini. Jadi, Rachel jilat ludahnya sendiri nih??! Hus! Mari kita skip.

Disini Viki mau jelasin lebih dalam Rachel Vennya ini, terus kok ya kayaknya uangnya banyak banget ya sampe bisa hedon belanja sana sini, liburan ke luar negeri terus, ngasih kado dan surprise yang heboh ke pacarnya, makan malam mewah, dan lain sebagainya.

Dapet darimana sih Rachel uang sebanyak itu? Apa emang doi udah keturunan ningrat jadi uangnya ngalir gitu aja ke rekening dan dompetnya? Hmm daripada banyak spekulasi, sini Vika kasih tau faktanya.

Jadi, berdasarkan hasil kekepoan Viki di medsos-medsosnya Rachel (mostly Ask.Fm), singkat cerita Rachel ini sebenarnya emang udah hidup berada dan sejak lahir udah jadi orang kaya. Lalu kemudian tiba-tiba jatuh entah gimana ceritanya. Ya namanya juga kehidupan layaknya roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Si Rachel ini juga broken home, dia sejak kecil udah enggak tinggal sama papa-nya. Dia hanya tinggal berdua sama mamanya. Kalo lo niat kepoin Ask.fm-nya Rachel, pasti lo bakal nemuin cerita sedih tentang perpisahan mama dan papanya. Karena keterpurukan tersebut akhirnya Rachel memiliki tekad untuk mengembalikan kembali finansial keluarganya seperti semula.

Baca Juga :5 Rumah Kosong Horor Terkenal di Dunia

Rachel kemudian berjualan secara online, dan juga menjadi make up artist. Bayaran Rachel sebagai make up artist juga pernah dimulai dari Rp 200ribu. Kalo jualan online, dia menjual dua barang yang berbeda yaitu pakaian dan pil pelangsing.

Jadi, dulu itu sebelum punya badan yang aduhai kayak sekarang, Rachel pernah ngerasain badannya berlebih banget. Karena saat itu kehidupan dia dan mama-nya pas-pasan, maka hal yang sangat mustahil untuk dirinya bisa sunik atau sedot lemak yang lo taulah ya sangat membutuhkan biaya yang besar sekali.

Mengetahui keluhan anaknya ini, sang mama memberinya suatu jamu. Setelah beberapa bulan Rachel mengonsumsi jamu dari mamanya, ia merasakan perubahan dalam dirinya. Jamu yang diberikan mamanya berhasil membuat ia turun beberapa kilo meskipun rasanya pahit.

Lalu ia bercerita kepada teman-temannya dan mereka tertarik. Melihat peluang tersebut Acel memutar kepala untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Tercetuslah ide untuk mengemas jamu tersebut dalam sebuah pil agar teman-temannya mudah mengonsumsinya. Dan ternyata ide tersebut membuka ide-ide lain untuk berusaha.

Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Perjuangan gigih Rachel terbalas sudah. Dengan satu online shop obat pelangsing dan satu online shop bajunya akhirnya dia berhasil memperbaiki finansialnya. Semakin kesini, penghasilan Rachel enggak cuma dari usahanya itu saja tetapi juga tambahan dari endorsement dan paid promote.

Ya hasilnya? Seperti yang lo liat kehidupannya sekarang, jalan-jalan, membahagiakan dirinya sendiri dengan ngehamburin uang belanja sana sini, tapi toh yang dihamburkan juga uang hasil jerih payahnya sendiri.

Nilai plusnya sih itu, Rachel enggak ngerepotin sang mama lagi, enggak ngehamburin uang hasil minta-minta dari orang lain. Yang dia habiskan ya uang hasil kerja keras dan usahanya selama ini. Yah yang sebaiknya enggak baik lo ikutin adalah gaya hidupnya yang hedon. Tapi untuk kerja kerasnya patutlah diacungi jempol.

5 Rumah Kosong Horor Terkenal di Dunia

ceritakisahdunia – Ada banyak alasan mengapa sebuah rumah kosong ditinggalkan oleh penghuninya. Salah satunya adalah karena rumah tersebut berhantu alias angker. Percaya atau tidak, ada banyak sekali cerita horor mengenai rumah kosong dari berbagai penjuru dunia. Alasan dibalik mengapa rumah kosong tersebut menjadi angker dan berhantu pun sangat beragam, bahkan beberapa di antaranya diangkat menjadi film layar lebar.

Penasaran seperti apa rumah kosong berhantu yang terkenal di seluruh penjuru dunia dan bagaimana cerita horor di baliknya? Intip ulasan Kania di bawah ini!

1. The Sultan’s Palace

The-Sultan’s-PalaceRumah kosong berhantu pertama beralamat di Dauphine Street, Amerika Serikat. Dibangun sejak abad ke-18, rumah bergaya Perancis Klasik ini terkenal akan kisah horor sosok Sultan yang kaya raya serta memiliki banyak istri.

Sultan yang dahulu menghuni rumah kosong ini memiliki kebiasaan berfoya-foya. Suatu hari, ia ditemukan meninggal terkubur hidup-hidup di halaman rumah mewah ini. Semua penghuni rumah lainnya juga dibunuh oleh pembunuh yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Arwah sang Sultan yang penuh amarah dan dendam dipercaya masih menghantui rumah kosong ini. Hal ini dibuktikan dengan suara-suara pesta yang masih kerap terdengar hingga aroma parfum sang Sultan yang sesekali bisa tercium.

2. Villisca Axe Murder House

vilisca-axe-murder-house

Masih di Amerika Serikat, rumah kosong nan angker selanjutnya ini merupakan lokasi pembunuhan satu keluarga yang dahulu menghuni rumah ini. Sama seperti cerita sebelumnya, identitas pembunuh dalam kasus ini masih menjadi misteri.

Korban pembunuhan enam anggota keluarga Moore dan dua tamu. Pembunuhan tersebut tergolong brutal dengan metode pembunuhan menggunakan kapak pada malam hari saat semua korban sudah tidur.

Sejak peristiwa itu, berbagai penampakan menghantui rumah kosong ini hingga tak lagi ditinggali. Namun, berbagai tur wisata angker masih tersedia untuk menjelajahi setiap sudut rumah kosong berhantu ini yang telah dijadikan objek wisata angker.

3. Lizzie Borden House, Fall River, Massachusetts

 Lizzie-Borden-House-Fall-River-Massachusetts

Pada 1892, Lizzie Borden menjadi tersangka atas pembunuhan brutal ayah dan ibu tirinya dengan menggunakan kapak. Semenjak saat itu, setiap tamu yang berkunjung ke rumah ini masih bisa mendengar suara sayup-sayup teriakan minta tolong dari pelayan. Penampakan orang tua Borden yang tengah berjalan mengitari rumah pun seringkali menghantui penghuni rumah sehingga akhirnya menjadi rumah kosong seperti ini.

Kini rumah kosong berhantu ini berubah menjadi museum dimana kamu bisa mencoba pengalaman mistis bahkan menginap di rumah kosong ini untuk merasakan langsung suasana horornya.

4. Qiu Mansion, Shanghai

Qiu-Mansion-ShanghaiSingkat cerita, rumah kosong angker yang berada di Shanghai ini merupakan rumah dari dua saudara kakak beradik bermarga Qiu.

Kehidupan mereka yang berubah menjadi miliyuner dalam satu malam tentu mengundang kecemburuan masyarakat luas. Rumah mereka juga dihuni oleh binatang-binatang eksotis seperti harimau, merak, dan buaya yang hidup harmonis bersama kedua kakak beradik ini.

Suatu hari, kakak-beradik Qiu menghilang tanpa jejak. Masyarakat miskin yang tengah kelaparan pun menjarah rumah kosong tersebut dan bahkan, membunuh binatang-binatang eksotis tersebut untuk dimakan.

Sejak peristiwa tersebut, berbagai penampakan mistis banyak dijumpai di rumah kosong ini, mulai dari suara sayup-sayup hewan reptil hingga penampakan naga.

Baca Juga : 5 Kisah Horor Paling Terkenal di Asia

5. Chaonei No. 81, Beijing, China

Chaonei-No.-81-Beijing-China

Rumah kosong berhantu selanjutnya juga berada di China, tepatnya Beijing. Alkisah, rumah kosong ini dihuni petugas pemerintah bersama selingkuhannya. Namun, karena jatuhnya pemerintahan pada tahun 1949, wanita ini dilantarkan di rumah ini dan memutuskan untuk gantung diri.

Sejak saat itu, rumah kosong ini dipercaya telah dihantui oleh sosok roh wanita tersebut. Adapun cerita horor bagaimana sekelompok pekerja bangunan memasuki rumah kosong ini dan tak pernah terlihat kembali.

6. Rumah Pondok Indah

Rumah-Hantu-Pondok-indahRumah kosong bernuansa horor selanjutnya berada di Indonesia, yaitu Rumah Pondok Indah. Saking populernya, kisah angker rumah ini diangkat menjadi film. Alkisah pada 1983, para penghuni rumah menjadi korban pembantaian sadis oleh sekelompok perampok yang kasusnya tak pernah terungkap hingga saat ini.

Sejak saat itu kisah hantu melekat dengan rumah kosong di daerah Pondok Indah ini, mulai dari pesanan makanan yang kerap datang dari rumah ini hingga menghilangnya tukang nasi goreng keliling yang kerap melewati rumah kosong ini.

 

Itulah berbagai kisah horor dari berbagai rumah kosong yang terkenal dari berbagai penjuru dunia. Berani coba mengunjungi salah satunya?

5-Kisah-Horor-Paling-Terkenal-di-Asia

5 Kisah Horor Paling Terkenal di Asia

ceritakisahdunia – Para leluhur manusia mewarisi legenda, hikayat atau bahkan dongeng kepada penerusnya. Cerita bervariasi dari budaya lokal terus teringat di dalam benak. Entah dari mana kita berasal pasti ada saja hal-hal di masa lampau yang melekat di ingatan kita. Kisah-kisah itu bahkan dibukukan atau difilmkan. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah cerita ini kisah nyata atau sebuah fiksi belaka.

Legenda itu sendiri berasal dari bahasa latin ‘legere’ yang berarti cerita prosa rakyat yang dianggap oleh masyarakat benar-benar pernah terjadi. Oleh sebab itu, legenda kerap kali dianggap sebagai sejarah kolektif.

Meskipun cerita legenda tak tertulis, namun kisah-kisahnya menyebar dari mulut ke mulut hingga terus teringat di masyarakat. Atau bisa jadi, kisah tersebut memang benar kenyataannya. Tetapi setelah mengalami distorsi kerap kali alur ceritanya berbeda dengan kisah asli. Kisah-kisah perjuangan, percintaan atau bahkan asal usul suatu kota banyak terdengar di kalangan masyarakat. Namun tak semua legenda bercerita seputar itu-itu saja.

Kisah horor yang berbau mistis juga diwariskan kepada generasi saat ini. Asia memang dikenal sebagai wilayah yang memiliki cerita rakyat yang banyak. Kisah-kisah sadis yang berujung pada kematian juga ada di benua Asia.

Arwah-arwah yang berkeliaran akibat dibunuh semasa hidupnya mengintai para pelaku. Lokasi pembunuhan kerap di nobatkan sebagai lokasi mistis di suatu daerah.

1. Si Manis Jembatan Ancol

Nama si manis Jembatan Ancol sudah tak asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Legenda ini berkisah tentang hantu Maryam, seorang gadis yang konon menghantui Jembatan Ancol di Jakarta Utara Indonesia.

Penduduk setempat percaya bahwa kehadiran hantu Maryam di Jembatan Ancol adalah alasan di balik semua kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerah tersebut.

Kisah sedih Maryam berakar dari kejadian tragis yang konon telah terjadi sejak awal Abad ke-18. Kisah ini bermula ketika Maryam seorang gadis muda berusia 16 tahun yang memiliki paras cantik. Ia bekerja sebagai pelayan di rumah seorang pedagang tua nan kaya raya. Paras cantik dan kemolekan tubuh Maryam-lah yang memikat hati si majikan. Untuk itu, ia berencana menjadikan Maryam sebagai selirnya.

Mengetahui niatan sang majikan, Maryam berencana untuk melarikan diri karena tak mau dinikahi oleh pria tua tersebut. Sementara Maryam berkeliaran dan mencari tempat tinggal baru. Keberadaan gadis cantik itu diketahui oleh sang majikan. Bergegas pria tua itu menyuruh anak buahnya untuk mengejar dan menangkap Maryam.

Gadis itu melawan, memberontak karena tak mau dinikahkan. Oleh para preman dan majikan tubuh Maryam dilecehkan dan dibunuh. Kemudian jasadnya dicampakkan ke sawah yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Sejak saat itu, telah banyak warga yang mengaku melihat penampakan wanita di dekat Jembatan Ancol. Saking populernya kisah ini, cerita si manis Jembatan Ancol dibuat menjadi serial drama dan film di Indonesia.

Baca Juga : Kasih Sayang Seorang Kakak

2. Kosmetik Sasame, Korea Selatan

Kosmetik Sasame atau kosmetik biji wijen adalah kisah legenda Korea Selatan yang berkisah tentang seorang gadis muda yang tak nyaman akan penampilannya. Apa saja akan ia lakukan demi terlihat sempurna dengan kulit yang mulus dan indah.

Suatu hari, gadis tersebut mendengar ada perawatan kulit yang dapat membuat kulit tampak halus dan bercahaya. Ia mendengar tentang terapi kecantikan menggunakan bahan organik yaitu biji wijen.

Setelah tiba di rumah, ia mencampurkan benih wijen ke dalam bak mandi selama beberapa jam. Tak sabar mencoba, gadis itu mulai bersemangat untuk berendam ke bak mandinya.

3. Maria Labo, Filipina

Maria Labo diketahui tinggal di salah satu pulau bernama Visayas, Filipina. Maria Labo adalah seorang istri dari seorang polisi dan ibu dari dua anak laki-lakinya yang manis. Karena gaji suaminya tak cukup untuk memenuhi kebutuhan, ia membantu keluarga untuk mencari nafkah.

Maria Labo memilih untuk menjadi seorang pengasuh bagi seorang kakek tua di kotanya. Tanpa ia sadari bahwa sang kakek adalah seorang pengikut ‘aswang’.

Aswang adalah makhluk mirip vampir dalam mitologi Filipina. Penjajah dari Spanyol menyebutkan bahwa aswang adalah makhluk yang paling ditakuti oleh rakyat Filipina. Mitos aswang dikenal di seluruh wilayah Filipina.
Orang tua itu sudah lemah tak berdaya dan putus asa ingin mati saja. Tetapi seorang aswang tak bisa mati kecuali mewarisi kutukannya kepada orang lain. Karena kesempatan tersebut, si kakek memanfaatkan Maria sebagai pewaris kutukannya.

Beberapa bulan ketika sang kakek telah meninggal, Maria menganggur dan ingin bekerja kembali. Maka dari itu ia pindah ke Kanada sebagai pekerja di luar negeri dan kembali ke Filipina setelah beberapa tahun.

Karena suhu udara Kanada yang dingin, kutukan itu mulai terasa.

Namun, kutukan itu mulai bekerja saat ia kembali ke Filipina. Entah, mengapa, Maria menginginkan daging manusia. Saat suaminya pulang, ia melihat kondisi rumah sangat sepi.

Saat melangkahkan kakinya ke dapur, sang suami bertanya. “Dimana anak-anak kita.”

Seketika Maria membuka penutup panci berukuran besar dan terlihat potongan anggota tubuh anak-anaknya yang dimasak dengan kuah kaldu untuk disantap sebagai makan malam.

Sang suami naik pitam dan memukul Maria. Ia juga meraih pisau yang diarahkan ke Maria dan mengakibatkan pipinya terluka. Legenda ini terus terdengar, terutama bagi masyarakat Visayas dan Mindanao. Kini Maria Labo berkeliaran setelah di usir oleh suami. Kehadiran wanita inilah yang sangat ditakuti oleh warga. Bisa saja Maria Labo mencari korban-korban selanjutnya.

4. Tomino’s Hell, Jepang

Kisah menyeramkan lainnya datang dari Negeri Sakura. Legenda Tomino’s Hell bercerita tentang sebuah puisi yang berjudul ‘The Heart is like a Rolling Stone’ karya Yomoto Inuhiko.

Dikatakan bahwa siapa saja yang membaca puisi tersebut dengan keras akan mendapat kutukan seperti Tomino. Beberapa percaya bahwa kutukan itu akan mengakibatkan kecelakaan yang mengerikan yang berujung pada kematian.

Hampir tak ada yang tahu bagaimana legenda ini bisa tumbuh dalam kehidupan masyarakat Jepang. Namun kisah ini sangat membuat takut masyarakat di sana.

Puisi itu sendiri memiliki rangkaian-rangkaian kata yang menyeramkan dan dapat memicu detak jantung bagi siapa saja yang membacanya.

Ada beberapa orang yang mengaku telah membaca puisi itu dengan keras dan mengalami efek yang buruk. Namun beberapa orang ada yang mengatakan sebaliknya. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk mencoba membacanya ?

5. Mae Nak Phra Khanong, Thailand

Sebuah kisah menyeramkan terjadi di masa pemerintahan Raja Mongkut antara tahun 1851 hingga 1868. Hiduplah seorang gadis cantik bernama Nak yang menikah dengan pria yang ia cintai bernama Tid Mak. Perjalanan rumah tangga keduanya malah diuji, ketika sang suami harus ditugaskan menjadi anggota Angkatan Darat.

Pada kondisi seperti ini Tid Mak harus meninggalkan istrinya yang tengah hamil. Sementara Tid Mak Pergi, Nak mengalami komplikasi fatal saat melahirkan dan meninggal bersama anaknya.

Karena kecintaan yang tulus kepada sang suami, Nak memilih untuk tidak menyeberang ke dunia lain dan memilih untuk menjadi arwah di dunia nyata. Ketika Tid Mak pulang ke rumah ia melihat sang istri tengah menggendong sang buah hati yang lucu.
Padahal sang suami tak tahu isu kematian istrinya. Karena tak mau Tid Mak mengetahui kematian dirinya, Nak nekad membunuh siapa saja yang berusaha untuk membocorkan rahasia tersebut. Untuk beberapa waktu hidup mereka berjalan bahagia seperti sedia kala.

Hingga akhirnya ada beberapa tetangga yang usil akan rumah tangga mereka. Suatu hari Tid Mak dibuat curiga ketika muncul hal aneh yang ditunjukkan sang istri. Saat sedang memasak Nak mencoba ingin meraih jeruk nipis yang jauh dari jangkauannya. Tiba-tiba tangan Nak memanjang di luar kemampuan manusia pada umumnya.

Tanpa sepengetahuan sang istri, Tid Mak mulai curiga bahwa sang istri adalah sosok hantu. Rasa takut di dalam hati terus membayangi karena sang suami tak mau hidup bersama seorang hantu. Hingga akhirnya Tid Mak melarikan diri ke kuil terdekat sehingga Nak tak dapat mengejarnya.

Ketika Nak menyadari bahwa Tid Mak telah melarikan diri, hal tersebut membuat dirinya sedih bukan main. Duka itu berubah menjadi kemarahan yang mengakibatkan Nak membunuh beberapa tetangganya.

Karena tak mau berurusan dengan Nak, para tetangga menggunakan jasa pengusir setan. Pada akhirnya arwah Nak berhasil ditangkap dan di masukkan ke dalam toples dan dibuang jauh-jauh.

Selama bertahun-tahun desa ini hidup dengan damai. Namun seseorang secara tak sengaja membuka toples tersebut yang mengakibatkan arwahnya kembali.

Kali ini seorang biksu bernama Somdej Toh mengambil alih kejadian ini dan memenjarakan arwah Nak. Ketika sang biksu meninggal arwah Nak yang terkurung disimpan oleh anggota kerajaan untuk memastikan bahwa arwah Nak tak dapat berkeliaran kembali.

Kasih-Sayang-Seorang-Kakak

Kasih Sayang Seorang Kakak

ceritakisahdunia – Berikut artikel yang akan kami sajikan untuk anda. Seorang kakak pun tidak jauh beda. Kasih sayang mereka sangat berarti dalam hidupku. Dari kecil, aku selalu membuat susah Kak Tesa. Aku selalu melawan dan membentak Ia jika sedang bertengkar.

Terlebih apabila permintaanku tidak dituruti, aku akan membrontak hingga membuat Ia kesusahan mengurusi aku. Terpikirkan olehku “mungkin saat itu aku adalah seorang adik satu-satunya yang sangat egois di dunia ini.” Jika waktu bisa di ulang, aku ingin sekali mengubah sikap yang memalukan itu. Sungguh tidak ada balas budinya diriku. Di saat itu aku belum bisa melihat dan merasakan betapa besar pengorbanan seorang kakak menggantikan posisi orangtua untuk membesarkan dan merawatku dengan penuh kasih sayang.

Setiap bertengkar, Kak Tesa selalu menangis, bodohnya diriku tidak melihat kesedihan yang Ia rasakan. Dulu aku masih kecil dan belum bisa membedakan yang jahat dan baik. Aku melakukan itu karena perasaanku yang memaksa dan tidak bisa di tahan. Rasa emosi dan kesel selalu melekat dihatiku saat itu. Aku masih seperti batu yang tidak bisa lembut kepada orang yang lebih tua terutama Kak Tesa. Kesedihan Ia dapat terlihat ketika dia sedang melamun dan pikirannya kosong. Ia tidak pernah bercerita apabila sedang sedih dan kesal kepadaku.

Kak Tesa selalu berusaha menyimpan kesedihannya sendiri. Apabila ia sedang sedih karena masalah lain, dia pun tidak pernah cerita dan selalu menyembunyikan itu dariku. Disaat itu, ingin sekali aku bisa membagi kesedihan Ia denganku. Aku ingin merasakan kesedihan yang ia rasakan itu, tapi dia tidak pernah mengijinkanku. Bagi dia aku masih kecil dan belum saatnya merasakan kesedihan karena akan menggangu perkembangan dan pertumbuhanku.

Berhubung ibu dan ayah mencari nafkah dari pagi sampai dengan malam, dari kecil Kak Tesa yang selalu merawat dan membesarkan aku hingga tumbuh dewasa. Tanpaku sadari sekarang aku sudah tumbuh dewasa dan kuat seperti dia. Waktu demi waktu yang Ia berikan kepadaku sungguh tak terhitung olehku. Ia rela mengurangi waktu bermain bersama teman-temannya untuk menjaga aku. Sebelum aku sekolah, dia selalu mengajarkan aku membaca dan berhitung. Dia ingin aku menjadi anak yang pandai seperti dia, tapi sayang aku tidak dapat sepandai dia. Hingga aku sekolah pun, Ia selalu mengawasi perkembangan belajarku.

Orang petama yang aku sayang adalah orangtua. Kedua adalah Kak Tesa. Bagiku dia adalah orangtua kedua untukku. Dia bernama Theresia Netty Rhoma. Panggilan sayangku kepadanya adalah “Kak Tesa”. Dia pun mempunyai panggilan sayangnya kepadaku. Berhubung di rumah aku dipanggil semua keluarga dengan sebutan Yetty, dan Ia selalu memanggilku dengan sebutan “DeYet”.

Baca Juga : Kesuksesannya Bill Gates Menjadi Inspirasi

Seorang kakak bisa menggantikan kewajiban orangtua adalah hal yang terpuji dan membanggakan. Oleh karena itu sungguh baiknya jika kita bisa menghormati mereka seperti orangtua kita sendiri seperti dalam 10 Perintah Allah yang keempat “Hormatilah Ibu-bapakmu”. Mereka bisa dijadikan contoh yang baik. Tanpa seorang kakak, kita tidak akan merasakan kasih sayang yang besar selain dari orangtua.

Mungkin tanpa ibu, aku tidak akan ada di dunia ini dan tanpa kakak aku tidak akan seperti ini. Ibu selalu membimbing dan memperhatikan pertumbuhan dan perkembanganku sampai sekarang. Tidak ada hentinya Ibu selalu memberikan semangat kepada diriku meskipun dia tidak selalu disampingku. Pengorbanan yang Ia berikan tidak dapat tergantikan oleh apapun.

Kasih sayang haruslah mampu membuat orang yang disayangi merasa bahagia sekaligus mendewasakannya.Kasih sayang yang natural juga perlu ditumbuhkan pada hubungan kakak beradik. Ingat, persaudaraan di antara kakak dan adik berlangsung selamanya. (Timorianti Br. Marpaung)

Kesuksesannya Bill Gates Menjadi Inspirasi

Kesuksesannya Bill Gates Menjadi Inspirasi

ceritakisahdunia – Jika anda pengguna perangkat lunak Microsoft, anda perlu mengetahui siapa di balik kesuksesan sistem perangkat lunak terbesar di dunia ini. Banyak dari kita yang menggunakan Microsoft untuk mempermudah pekerjaan kita yang berhubungan dengan komputer. Microsoft dibangun oleh Bill Gates bersama sahabatnya Paul Allen pada 4 April 1975. Melalui Microsoft, Bill Gates selalu masuk sebagai jajaran orang terkaya di dunia.

Biografi Bill Gates menarik untuk kita simak. Kisah-kisah perjalanannya menuju kesuksesan membuat kita bersemangat untuk meraih kesuksesan dengan cara kita sendiri. Dalam biografi Bill Gates kita dapat meneladani sikap berbaginya terhadap sesama.
Simak Biografi Bill Gates yang berhasil kami rangkumkan untuk anda. Dalam biografi Bill Gates ini dijelaskan mengenai awal mula ketertarikan Bill terhadap komputer hingga ia sukses berkat passion yang ia punya.

Bill Gates merupakan seorang ahli teknologi, pebisnis, dan filantropis. Ia tumbuh besar di Seattle, Washington, dengan keluarga yang luar biasa suportif yang mendorong minatnya pada komputer sejak usia dini. Bill Gates memutuskan untuk putus kuliah demi mengembangkan Microsoft bersama teman masa kecilnya Paul Allen. Bill menikahi Melinda French pada tahun 1994 dan dikaruniai tiga anak. Saat ini, Bill dan Melinda Gates memimpin yayasan amal yang diberi nama Bill & Melinda Gates Foundation mereka bekerja bersama untuk berbagi pada masyarakat.

Baca Juga : Ini Kisah Jack Ma Besarkan Alibaba

Minat Pada Komputer
Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955 dengan nama William Henry Gates III. Ayahnya William Henry Gates II merupakan seorang pengacara terkenal di Seattle, ibunya Mary Maxwell Gates merupakan seorang dewan regensi University of Washington dan presiden wanita pertama United Way King County. Bill Gates tumbuh bersama kakak perempuannya Kristanne, dan adik perempuan bernama Libby.

Sejak kecil Bill telah menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer. Perkenalannya pada komputer adalah saat ia berusia 13 tahun di mana saat itu disekolahnya, Lakeside School membeli perangkat terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Program komputer pertama yang ia tulis saat itu menggunakan bahasa pemrogaman BASIC.

Bill kemudian mempelajari sistem lain seperti sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Namun Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu sehingga Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengembangkan sebuah bug pada sistem operasi tersebut untuk memperoleh waktu tambahan dalam penggunaan komputer. Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas. Karena kemampuan mereka dalam memahami bahasa pemrograman CCC akhirnya mempekerjakan mereka untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dengan tambahan imbalan hak akses ke komputer perusahaan.

Kesempatan ini dimanfaatkan Bill untuk mengembangkan kemampuannya dalam pemrograman computer. Pada 1973 Bill lulus dari Lakeside School dengan nilai yang memuaskan. Ia diterima di Harvard College. Selama kuliah Bill selalu menghabiskan waktu dengan computer kampusnya. Saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Bill dan Paul Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk memulai usaha perangkat lunak sendiri. Bill kemudian membicarakan niatnya untuk membangun usaha perangkat lunak ini kepada orang tuanya yang kemudian didukung sepenuhnya oleh kedua orang tuanya.

Membangun Microsoft

Bill Gates memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliahnya dan mulai memfokuskan dirinya untuk membangun Microsoft bersama sahabatnya Paul Allen. Awalnya Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Hingga saat ini Microsoft masih menjadi pelopor sistem operasi komputer di dunia. Microsoft juga telah melakukan akuisisi perusahaan. Kesuksesan Microsoft membuat Bill Gates meraup banyak keuntungan berupa materil.

Bill Gates sempat tersandung masalah dalam bisnisnya. Pada 1990 Bill dituntut Departemen Keadilan Amerika Serikat karena melakuan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Pada 1999 ia juga sempat tersandung masalah undang-undang bisnis di Amerika Serikat. Namun kasus-kasus yang ia hadapi tak sampai membuat usahanya hancur, malah Microsoft semakin berkembang pesat hingga saat ini.

Saat Bill dan Paul Allen membangun Microsoft, mereka memiliki misi “sebuah komputer di setiap desktop dan di setiap rumah” awalnya tampak tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Namun saat ini, nampaknya visi mereka telah terwujud. Bill selalu bersemangat bekerja di Microsoft dan akan selalu terlibat dengan perusahaan, termasuk perannya sekarang sebagai anggota dewan dan penasihat teknologi.

Menjadi Filantropis

Pada tahun 2000 Bill dan Istrinya Melinda membangun sebuah yayasan amal bernama Bill and Bill, bersyukur yayasan dan banyak mitranya membantu orang-orang di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat dan lebih produktif. Melalui yayasan tersebut Bill membantu 20.000 orang untuk melanjutkan kuliah.

Pada 2002 yayasan ini berhasil menyelesaikan upaya membantu memasang 47.000 komputer di 11.000 perpustakaan di 50 negara bagian. Sembilan puluh lima persen perpustakaan memiliki komputer dengan akses Internet, naik dari 27 persen pada tahun 1996. Tahun 2010 Bill dan Melinda menjanjikan $ 10 miliar selama 10 tahun ke depan untuk membantu meneliti, mengembangkan, dan memberikan vaksin negara-negara termiskin di dunia. Pada 2013 Bill membantu 5,5 miliar dolar untuk memberantas polio pada tahun 2018. Saat ini India disertifikasi bebas polio oleh Organisasi Kesehatan Dunia, hanya menyisakan tiga negara yang tidak pernah bebas dari penyakit ini.

Hingga saat ini Bill dan Melinda terus melakukan kegiatan-kegiatan amalnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kedermawanan Bill Gates juga banyak diapresiasi banyak pihak. Pada November 2006, ia dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan, terutama pada Oktober 2009, Gates meraih 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya. Pada tahun 2010, ia memperoleh Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda.

Demikian biografi Bill Gates yang dapat dirangkum secara singkat. Di balik kesuksesan Microsoft hingga sebesar ini ada pengorbanan dan tenaga yang dicurahkan sang pendirinya Bill Gates. Dengan membaca biografi Bill Gates kita dapat mengambil contoh semangat dan kedermawanan hati seorang Bill Gates. Dalam biografi Bill Gates ini pula kita dapat mengambil pelajaran bahwa bila kita mempunyai passion terhadap sesuatu, maka kita perlu mengembangkan passion tersebut.

Ini Kisah JacIni-Kisah-Jack-Ma-Besarkan-Alibabak Ma Besarkan Alibaba

Ini Kisah Jack Ma Besarkan Alibaba

ceritakisahdunia – Jack Ma berhasil menduduki peringkat satu daftar orang terkaya di China tahun 2019 versi Forbes. Kekayaan Ma berhasil diperolehnya dari mendirikan dan menjalankan perusahaan e-commerce Alibaba. Menurut laporan E-commerce Business China, Alibaba yang adalah salah satu merek e-commerce yang terkenal di dunia, didirikan pertama kali pada bulan Juni 1999. Sebelum mendirikan Alibaba, Ma bekerja sebagai guru bahasa Inggris.

Jack Ma mendirikan Alibaba bersama dengan 18 mitranya di sebuah apartemen kecil di Hangzhou. Kemudian pada bulan oktober, Alibaba memperoleh modal ventura pertama sebesar US$ 5 juta. Penggalangan dana itu dipimpin oleh Fidelity Investment.

Selanjutnya pada tahun 2000, Alibaba meluncurkan Chinese Suppliers yang menyediakan layanan e-commerce untuk perusahaan menengah dan sedang. Pada tahun-tahun selanjutnya, bisnis Alibaba makin berkembang hingga ke luar negeri, dan meluncurkan layanan International TrustPass pada Maret 2003.

Dua bulan kemudian, pada Mei, situs belanja Taobao lahir. Dalam 20 hari awal peluncurannya, pengunjungnya sudah mencapai 10.000 orang. Pada bulan Oktober, sistem pembayaran online Alipay dirilis, dan dengan platform pembayaran yang bermanfaat ini, Alibaba berhasil mencapai pendapatan harian sebesar 1 juta yuan.

Pada Januari 2004, total turnover Taobao mencapai 34 juta yuan, dengan pengunjung harian 3 juta orang, dan menjual 800.000 item. Platform ini bahkan memiliki anggota lebih dari 230.000 orang. Pada bulan Juni di tahun yang sama Taobao meluncurkan Alitalk, alat pengiriman pesan instan untuk pembeli dan penjual.

Pada Desember 2004, Alipay dipisahkan dari Taobao dan mulai beroperasi secara mandiri. Setahun kemudian Alipay berhasil tumbuh menjadi platform prmbayaran besar dan Taobao berhasil menjadi platform belanja online terbesar di Asia. Pada bulan Agustus tahun yang sama, Alibaba Group mengakuisisi Yahoo China dan menjadikannya mesin pencari utama bagi milyaran pengguna China.

Baca Juga : Kisah Perjuangan Sastia Prama Putri Menjadi Peneliti Kelas Dunia

Pada Mei 2006, Taobao Mall didirikan. Ini merupakan situs belanja online lainnya yang diluncurkan Alibaba. Kemudian pada Januari 2007, Ali Software didirikan di Shanghai, yang berarti Alibaba telah memasuki bidang perangkat lunak perdagangan. Pada November 2007, Alibaba go public di Hong Kong.

Pada bulan Mei 2008, bersama dengan Softbank, Alibaba mendirikan perusahaan patungan (joint company) untuk memperluas pasar Jepang. Pada Agustus 2008, pengguna terdaftar telah meningkat menjadi 100 juta orang, volume perdagangan harian juga meningkat menjadi lebih dari 450 juta dan transaksi harian lebih dari 2 juta.

Pada 2014, Alibaba melakukan initial public offering (IPO) di New York, IPO ini mencetak rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, mengumpulkan US$ 25 miliar.

Baca:Sadis! Ini 5 Orang Terkaya di India Berharta Rp 1.500 Triliun

Kekayaan bersih Alibaba per 14 Oktober 2019 adalah US$ 440,03 miliar, mengutip Macro Trends.

Ma yang mengundurkan diri sebagai CEO Alibaba pada September lalu, diketahui memiliki emat kunci utama dalam membangun Alibaba. Pertama adalah untuk memiliki sikap gigih.

“Ada banyak orang yang lebih pintar dan lebih rajin dari kita, tetapi mengapa kita mendapat banyak uang sementara yang lain tidak? Alasan pentingnya adalah kegigihan.” Katanya.

Ketiga alasan lainnya adalah memiliki kepercayaan, mau belajar, dan melakukan hal-hal yang benar dengan cara yang benar.

Kisah-Perjuangan-Sastia-Prama-Putri-Menjadi-Peneliti-Kelas-Dunia

Kisah Perjuangan Sastia Prama Putri Menjadi Peneliti Kelas Dunia

ceritakisahdunia – Berikut merupakan kisah perjuangan Sastia menjadi peneliti kelas dunia. Mari kita simak secara saksama.

Sastia Prama Putri merupakan seorang ahli peneliti perempuan dengan spesailisasi riset mikrobiologi. Perjuangannya berawal dari studinya di ITB, dan ia melanjutkan program magister sekaligus menjadi master di jepang dengan beasiswa penuh.

1. Sastia mengawali perjalanan kariernya di Jepang setelah mendapat fellowship di bidang Bioteknologi dari UNESCO

Setelah lulus sebagai sarjana Biologi ITB tahun 2004, awalnya Sastia tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan studi apalagi menjadi seorang peneliti. Namun, ia menemukan minatnya dalam penelitian setelah mendapat pengalaman riset di Jepang.

Tahun 2004, Sastia berhasil mendapat fellowship dari pemerintah Jepang untuk mengikuti UNESCO Postgraduate Inter-University Course di bidang Bioteknologi. Di sana ia dibimbing selama satu tahun oleh Prof. Nihira, seorang ahli antibiotik dari mikroba.

2. Menjadi satu-satunya orang Indonesia dalam lab, Sastia memiliki ambisi untuk mengharumkan nama Indonesia

Saat berada di Jepang pertama kalinya, Sastia tentu mengalami rasa gugup dan takut. Terlebih karena dirinya adalah orang Indonesia pertama yang berada di laboratorium penelitian tersebut.

“Aku merasa gak boleh jelekin nama baik indonesia. Jadinya, waktu awal-awal aku sudah download 20 paper dan aku baca semua dalam waktu satu minggu. Profesornya kaget dan di situ first impression-ku sudah bagus,” cerita Sastia.

Ia juga menjelaskan bahwa memang jurnal penelitian di Jepang lebih beragam daripada di Indonesia. Hal ini membuatnya semakin bersemangat untuk belajar.

Baca Juga : Kisah Ika Jadi Relawan Sopir Ambulans COVID-19

3. Berkat potensinya, ia lalu mendapat beasiswa penuh dari pemerintah Jepang untuk memperoleh gelar S2 dan S3 dalam kurun waktu 3,5 tahun

Berkat potensi dan minat besar Sastia, ia mendapat tawaran program beasiswa penuh dari pemerintah Jepang untuk memperoleh gelar S2 dan S3. Apabila jenjang S2 dan S3 biasanya ditempuh dalam 5 tahun, Sastia bisa memperolehnya dalam kurun waktu 3,5 tahun.

“Banyak yang bilang aku lancar banget kuliah S2 dan S3 nya, tapi sebenarnya gak juga. Waktu itu aku masih muda, jadi masih semangat untuk cepat selesai. Fokusnya kerja keras agar bisa lulus karena waktu itu kan dapat beasiswa. Jadi, sebisa mungkin jangan buang waktu,” ungkapnya.

Sastia akhirnya berhasil meraih gelar master di pertengahan tahun 2010. Hal ini menjadikannya lulusan pertama yang memperoleh gelar PhD dalam waktu 1,5 tahun dalam Frontier Biotechnology Program.

4. Ketika sidang, ia tengah mengandung 8,5 bulan. Menurutnya, pengalaman inilah yang jadi titik terberatnya dalam memperoleh gelar master

Ada kisah menarik di balik kisah sukses Sastia mendapat gelar PhD dalam waktu 1,5 tahun. Ternyata, menjelang persiapan sidang, ia tengah mengandung 8,5 bulan!

Sang profesor sempat menawarkan dirinya agar fokus beristirahat hingga melahirkan, kemudian melanjutkan sidangnya sebulan setelah melahirkan. Namun, Sastia memilih untuk tetap melanjutkan studinya sesuai rencana. “Waktu ambil PhD juga, saya lagi hamil hampir 9 bulan. Jadi saya dapat ujian mental dan fisik. Benar-benar berjuang maksimal hingga akhir,” ungkapnya.

5. Gak ada kata pulang sebelum menang! Yuk, tantang diri sendiri untuk gak berhenti berjuang!

Kini, Sastia menjadi asisten profesor di Osaka University. Ia juga aktif di berbagai perkumpulan akademisi, terutama di International Metabolomics Society sebagai Board Member dan ForMind (sebuah perkumpulan saintis muda di Indonesia). Dari perjalanannya, ia tahu bahwa menjadi seorang peneliti bukan hal yang mudah. Namun, ia percaya bahwa setiap tantangan harus dilalui untuk mendapat keberhasilan.

“Pembelajaran yang paling berat itu melawan diri sendiri dan itu yang harus kita ingat. Kalau menurut saya, kenapa saya gak boleh berhenti? Karena itu ujian yang berat dan memang harus dilewati. Istilahnya, gak ada kata pulang sebelum menang!” tutupnya.

1 2 3 4 20