Brunei Darrussalam Kaya Raya Karena Hal Ini

Brunei Darrussalam Kaya Raya Karena Hal Ini

ceritakisahdunia.web.id – Brunei Darussalam adalah salah satu negara kaya raya yang ada di dunia. Negara ini memiliki  wilayah seluar 5.765 km2. Tidak begitu luas, kenapa negara ini bisa menjadi kaya yah.

Brunei Darussalam adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak dan Sabah.

Baca juga : Kenapa Menara Pisa Miring

Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju.

Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas.

Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

Baca juga : Kisah Nabi Nuh

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam menjadi raja yang berkuasa paling lama di dunia setelah Ratu Elizabeth II.

Sultan Hassanal Bolkiah menjadi sultan pada Oktober 1967 setelah ayahnya, Sir Haji Omar Ali Saifuddin turun tahta.

Sultan Hassanal dimahkotai pada Agustus 1968.

Seperti Arab Saudi, kekayaan yang diperoleh keluarga kerajaan ini juga berasal dari industri minyak.

Bahkan, menurut Business Insider, kekayaan Sultan Brunei ini lebih besar daripada kekayaan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Kekayaan Sultan Brunei adalah 20 miliar dolar AS (sekitar Rp286 triliun).

Angka itu lebih tinggi dari kekayaan Raja Salman yang sebesar 17 miliar dolar AS (Rp243 triliun).

Sultan juga tinggal di Istana Nurul Iman yang merupakan istana terbesar di dunia.

Sultan Brunei mendapatkan untung besar dari industri minyak dan gas.

Keberhasilan ekonominya sangat bergantung pada ekspor minyak dan gas, ditambah lagi jumlah penduduk yang sedikit dan harmoni.

Jadi , Negara Brunei kaya itu dari hasil bumi ya teman, Tapi indonesia juga memiliki hasil Bumi yang besar juga ya guys, mari kita belajar dari negara ini. Untuk bisa lebih menjaga kekayaan yang ada dengan kita saat ini ya.

Postingan Populer Lainnya