6 Fakta Menarik Tentang China

6 Fakta Menarik Tentang China

ceritakisahdunia.web.id – Setiap negara memiliki aturan, budaya dan kebiasaan masing-masing negara yang berbeda-beda. Tapi lain halnya fakta di China, yang bisa buat kamu heran.

1. Facebook dilarang
China melarang warganya main Facebook! Apa pun yang berbau Amerika kayak Facebook, Google, dan YouTube, gak bakalan bisa diakses di China. Sebagai gantinya, orang China bisa mainan Weibo buat ber-sosmed dan searching hal-hal yang pengen mereka tahu di Baidu. Tentunya di bawah pengawasan ketat pemerintah!

2. Warganya jarang (atau gak pernah) makan keju
Penduduk China punya alasan tersendiri kenapa mereka jarang atau gak pernah makan keju. Mereka anggep makanan satu ini barbar dan berkaitan sama orang yang hidup di pinggiran luar China. Orang-orang pinggiran itu dianggap gak beradab sama pemerintah, dan anggapan ini mempengaruhi penduduknya untuk menghindari makanan yang disukai orang “barbar”.

Baca juga : Festival Yulin, Tradisi Makan Anjing dan Kucing

3. Tiap hari ada sekitar 200 demonstrasi
Demo di Jakarta udah sering banget, tapi itu semuanya gak ada apa-apanya dibandingin demo di China. Tiap hari adaaa aja yang protes, dan jumlahnya ratusan! Apa alasannya?

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, wajar aja kesejahteraan dan pemenuhan hak sering jadi masalah. Makanya, tiap hari selalu ada orang yang berjuang buat dapetin haknya dengan cara demonstrasi. Keras juga, ya.

4. Jorok
Kamu pasti udah sering denger tentang kelakuan turis China yang buang air di kabin pesawat, ngeludah sembarangan, dan lainnya. Gak cuma di negara orang, mereka juga super jorok di negaranya sendiri!

Gak usah banyak-banyak nyebutin contohnya, deh, cukup satu aja. Tiap abis masuk WC buat pipis atau buang air besar, mereka GAK NYIRAM hasil buangannya. Biarlah itu jadi “tugas” orang yang pakai WC setelahnya. Kalau orang setelahnya gak nyiram juga, tugas itu dioper lagi ke orang berikutnya.

5. Cuma punya satu zona waktu
Meskipun luasnya melebihi negara mana pun, China cuma memberlakukan satu zona waktu, yaitu zona waktu Beijing. Penyeragaman zona waktu ini bikin banyak hal jadi gak masuk akal. Warga Beijing memang gak terpengaruh, tapi warga di belahan China yang lain dibuat pusing. Di Xianjiang, matahari gak terbit sampai jam 10 pagi saat musim dingin dan baru terbenam setelah tengah malem pas musim panas. Yaaah, kalau di Rusia atau Norwegia mungkin wajar, ya, tapi China kan di Asia!

6. Tiap jam 7 malem semua orang nonton acara TV yang sama
Ini mirip-mirip kondisi jaman Orde Baru dulu. Ya, gak, sih? Dulu, tiap jam 7 malem, setiap channel TV Indonesia nayangin Dunia Dalam Berita. Nah, di China, mau ganti ke channel mana pun, kamu bakal menyaksikan program berita berdurasi 30 menit yang ditayangin sama televisi China Central.

Postingan Populer Lainnya